Notification

×

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Monev Magang FDKI: Peningkatan Mutu Layanan Mahasiswa FDKI

Senin, 04 November 2024 | November 04, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2025-02-24T07:20:06Z

Banyuwangi (5/11/2024)  – GPM FDKI bersama Ketua LPMI menyerahkan Laporan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Magang Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) Universitas KH. Mukhtar Syafaat (UIMSYA) Blokagung Banyuwangi. Laporan ini sebagai bukti yang sahih bahwasanya FDKI telah melaksanakan Monev terkait Magang di FDKI. Hasil dari Laporan Monev Magang FDKI ini diharapkan ditindak lanjuti secara berkelanjutan untuk perbaikan-perbaikan pada program magang berikutnya sebagai bentuk penjaminan mutu layanan kepada mahasiswa.  

Kegiatan Monev bukan hanya sekedar bagian dari evaluasi, lebih jauh monev sebagai upaya FDKI melakukan penjaminan mutu mahasiswa baik dari program-program yang dilaksanakan atau upaya penjaminan terhadap mutu mahasiswa FDKI secara langsung. Tujuannya adalah FDKI menyiapkan calon lulusan yang unggul dan berdaya saing. Laporan Monev Magang FDKI tersebut merupakan upaya pelaksanaan evaluasi (pemantauan) program kegiatan Magang FDKI yang terdiri dari dua prodi yaitu: Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI). Adapun mahasiswa yang sedang memprogram magang pada tahun ini sebanyak 77 mahasiswa, yang terdiri dari 23 mahasiswa KPI dan 54 mahasiswa BKI yang melaksanakan di 18 tempat magang. Laporan Monev Magang FDKI diserahkan langsung oleh Ketua LPMI dan GPM kepada Dekan FDKI Drs. Agus Baihaqi, M.Sos. didampingi Agung Obianto, M.Sos. selaku Wadek 3 FDKI, dan Ahmad Syamsul Mu'arif, S.Sos., M.A. selaku Koordinator Bidang Monev LPMI. 


“Penyerahan  laporan monev ini, menurut kami sebagai bukti bahwa pelaksanaan magang di FDKI sudah melalui penjaminan mutu. Selain itu monev sebagai upaya peningkatan mutu layanan pada mahasiswa dan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kegiatan yang telah dilakukan di FDKI. Kami menyadari dalam pelaksanaannya Magang di FDKI masih ada kekurangan, kami akan terus berupaya melakukan perbaikan-perbaikan pada program magang berikutnya, berdasarkan umpan balik dari hasil monev ini” Ujar Dekan FDKI Drs. Agus Baihaqi, M.Sos.

Pada penyerahan hasil monev tersebut, menurut Ketua LPMI Moh. Harun Al Rosid, M.Pd.I. bahwa Monev magang FDKI sangat penting dan harus terus dilakukan dengan prinsip Continuous Quality Improvement (CQI)  “perbaikan mutu berkelanjutan”. Berdasarkan siklus PPEPP dalam penjaminan mutu, kegiatan ini masuk pada “evaluasi”. Dengan adanya laporan monev kita dapat mengetahui sejauh mana hasil pelaksanaan Magang FDKI yang dilaksanakan, dan apabila ada kekurangan-kekurangan dapat dijadikan perbaikan magang selanjutnya (umpan balik) ditindaklanjuti dengan rencana strategis. monev sebagai upaya memantau layanan yang telah diberikan fakultas dalam menyiapkan calon lulusan yang unggul dan berdaya saing.  

Berdasarkan keterangan Ketua GPM FDKI Abdul Karim, S.Sos., MA., hasil laporan Monev FDKI sebagai berikut: 

  1. Tingkat kepuasan mahassiswa terhadap layanan magang Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Universitas KH. Mukhtar Syafaat untuk periode pengukuran tahun akademik 2024/2025 sebesar 78.42% dengan rata-rata predikat “Baik”. 
  2. Rata-rata kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik dan non akademik Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) adalah sebesarr 3,13 atau 78,26%. Artinya bahwa kualitas magang/PPL Bimbingan dan Konseling Islam mendapatkan nilai kinerja dengan rata-rata predikat “Baik”.
  3. Rata-rata kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik dan non akademik Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)  adalah sebesar 3,14 atau 78,58%. Artinya bahwa kualitas magang/PPL Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam mendapatkan nilai kinerja dengan rata-rata predikat “Baik”.
  4. Tingkat kepuasan pengguna terhadap pelayanan akademik non akademik pada magang Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Universitas KH. Mukhtar Syafaat untuk periode pengukuran tahun akademik 2024/2025 sebesar 82,68 dengan rata-rata predikat “Sangat Baik”. 
  5. Rata-rata kepuasan pengguna terhadap pelayanan akademik non akademik pada magang Prodi Bimbingan dan Konseling Islam adalah sebesarr 3,29 atau 82,25%. Artinya bahwa kualitas magang prodi Bimbingan dan Konseling Islam mendapatkan nilai kinerja dengan rata-rata predikat “Sangat Baik”.
  6. Rata-rata kepuasan pengguna terhadap pelayanan akademik non akademik Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah sebesarr 3,325 atau 83,125%. Artinya bahwa kualitas magang prodi  Komunikasi dan Penyiaran Islam mendapatkan nilai kinerja dengan rata-rata predikat “Sangat Baik”.


×
Berita Terbaru Update